Serunya Belajar Menjadi Jurnalis Profesional di Prodi Jurnalistik Islam



Halo sahabat Jurnalistik. 
Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu gak salah memilih jurusan Jurnalistik versi ruang guru 

Kenapa pilih Jurusan Jurnalistik?

Bidang kerja jurnalis merupakan profesi yang dinamis. Gimana nggak, Squad. Sebagai jurnalis, kamu nantinya akan bekerja sepenuhnya di lapangan, merangkai reportase, melakukan wawancara ke narasumber, dan tentunya bertemu banyak orang. Wajahmu juga mungkin saja terpampang di layar kaca apabila kamu seorang jurnalis televisi.Ada banyak juga tuh mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Jurnalistik. Di antaranya adalah bahasa jurnalistik, ilmu penyiaran, metode penulisan berita, teknik wawancara, hukum etika pers, hingga ilmu manajemen media.
Menurut Nila Kusumasari, seorang lulusan Jurnalistik Universitas Padjadjaran yang sempat Ruangguru wawancarai, "Kuliah di jurnalistik itu bikin belajar banyak hal banget. Banyak praktik yang seru, terjun ke lapangan, gimana cara memproduksi berita baik itu cetak, TV, atau elektronik.
"Selain itu yang seru adalah setiap hari kita 'dipaksa' untuk tetap bisa mengikuti isu yang terjadi di sekitar. Selain dari materi-materi jurnalistik dan bagaimana memproduksi konten berita, mahasiswa jurnalistik juga belajar banyak tentang kode etik, yaitu gimana perilaku yang sebaiknya dijunjung tinggi oleh pekerja media. Intinya banyak value yang ditanamkan di kampus kayak integritas dan profesionalisme. Jadi, kita punya pegangan saat keluar dari kampus dan masuk di dunia kerja atau media sebenarnya."

Seberapa cocok kamu masuk Jurusan Jurnalistik?

Sebelum memilih jurusan kuliah, ada baiknya kamu mengetahui dulu karakter seperti apa yang cocok untuk masuk ke dalam jurusan yang kamu inginkan. Nah, apa saja sih karakter-karakter yang dibutuhkan dalam Jurusan Jurnalistik?
Dikutip dari Study.com, karakter pertama yang kamu harus punya adalah teliti dan detail. Menjadi seorang jurnalis artinya harus bisa menyusun informasi dengan benar sebelum dirilis ke publik. Nggak mau 'kan kamu malah jadi oknum jurnalis penyebar hoaks?
Kamu juga harus punya karakter yang kritis dan rasional. Keduanya sangat penting untuk nantinya mendukung karir jurnalistikmu. Dengan kritis dan rasional, kamu bisa memilah informasi yang benar dan salah, serta menilai segala hal secara objektif.
Karakter-karakter lainnya yang juga harus kamu miliki adalah, independen, berwawasan luas, terampil dalam menganalisis, dan juga terbiasa bekerja sama di dalam tim. Seorang jurnalis nggak akan bekerja sendiri di lapangan, lho. Kamu akan bekerja sama mencari dan meliput segala kejadian yang ada bersama rekan jurnalismu nanti.

Gimana prospek kerja jurusan Jurnalistik?

Kamu mungkin bertanya-tanya 'kan Squad kerja apa setelah lulus dari Jurusan Jurnalis? Jawabannya, ada banyak peluang pekerjaan yang menanti kamu lho!
Prospek kerja lulusan Jurnalistik sangat terbuka luas, lho! Apa lagi di era keterbukaan dan banjir informasi seperti sekarang ini, industri media menjadi industri besar yang cukup menjanjikan. Dan sama seperti industri lainnya, industri media perlu banyak tenaga kerja, yang mana yang paling dibutuhkan adalah jurnalis. Menurut survei bertajuk masa depan jurnalis yang dipublikasikan pada tahun 2014 oleh Jurnalism Studies, kondisi dunia jurnalistik sekarang dan prospeknya di masa depan dapat diketahui. Dalam survei itu, yang diperoleh dari 1.800 responden dari kalangan pendidik jurnalistik dan media profesional, diketahui bahwa 96 persen pendidik jurnalistik percaya bahwa titel dari Jurusan Jurnalistik sangat penting untuk menjadi seorang jurnalis, sementara hanya 57 persen media profesional yang percaya akan hal yang sama. Jadi, pada kenyataannya, sebenarnya seorang jurnalis nggak harus berlatar belakang Jurusan Jurnalistik. Tapi, jika kamu ingin belajar lebih dalam mengenai dunia jurnalisme sehingga bisa menjadi jurnalis yang profesional, kuliah di Jurusan Jurnalistik adalah salah satu jalurnya.
Seorang lulusan jurnalis bisa menjadi penyiar berita, pembawa acara, pengarah acara di televisi, jurnalis lapangan, editor, fotografer, hingga menjadi produser sebuah film maupun acara televisi. Seru banget‘kan? Yang jelas, kamu akan tergabung dalam keluarga besar pers dunia. Pekerjaanmu nantinya dijamin kebebasannya tuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halo Sahabat Jurnalistik.
Terima kasih atas komentar dan pesan yang kamu sampaikan.
Butuh info lengkap, hubungi ke email: sas.jurnalistikislam@gmail.com